Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia dukung Hari Konsumen Nasional 2020

0
200

Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) selaku salah satu asosiasi hilir dalam mata rantai perdagangan turut ambil bagian dan mendukung Hari Konsumen Nasional 2020. Roy N. Mandey Ketua Umum Aprindo beserta jajaran Pengurus DPD Aprindo Jawa Timur hadir dalam acara peluncuran Hari Konsumen Nasional  oleh Menteri Perdagangan Agus Suparmanto di Surabaya, Jumat (31/1).  Pada acara ini, Mendag Agus juga memperkenalkan logo dan maskot Harkonas 2020. Peluncuran logo dan maskot ini dilakukan sekaligus dalam rangka menyambut peringatan puncak Harkonas yang akan digelar pada 30 Maret 2020 mendatang.

Mendag menjelaskan, peringatan Harkonas 2020 mengangkat tema ‘Perlindungan Konsumen Menuju Indonesia Maju’ dengan subtema ‘Kepercayaan Bertransaksi Menuju Konsumen Berdaya’. Adapaun peringatan puncak rencananya akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo.

“Harkonas 2020 menjadi momentum pemerintah untuk terus mendorong peningkatan kepercayaan konsumen dalam bertransaksi. Selain itu, juga sebagai pengingat upaya peningkatan perlindungan konsumen di Indonesia,” kata Mendag.

Ketua Umum Aprindo, Roy N. Mandey mengatakan “ Edukasi konsumen tidak hanya tanggung jawab pemerintah saja tetapi tanggung jawab seluruh stakeholder diantaranya pelaku usaha , Aprindo selaku asosiasi pengusah ritel modern mendorong partisipasi aktif anggota untuk mendukung program Harkonas ini dengan mengkampanyekan melalui media promosi masing2 peritel serta kegiatan promosi lainnya. Roy menambahkan perlindungan konsumen akan menumbuhkan rasa percaya diri konsumen untuk bertransaksi yang akhirnya akan mendorong konsumsi yang akan bermuara kepada kontribusi kenaikan PDB .

Wakil Ketua BPKN (Badan Perlindungan Konsumen Nasional) RI , Rolas Sitinjak mengatakan peringatan hakonas tahun ini bertujuan meningkatkan kesadaran konsumen, pemahaman hak dan kewajiban konsumen. Tujuannya, agar bisa membangun integritas perlindungan konsumen. Perlu disadari bahwa upaya pemberdayaan konsumen merupakan perjalanan yang panjang dan melibatkan pemangku kepentingan luas.

Acara puncak Hakornas akan berlangsung 29-30 Maret 2020 akan dilaksanakan kegiatan jalan santai (fun walk 5k), penandatanganan komitmen bersama pelaku usaha perdagangan melalui sistem elektronik untuk mendukung sistem pengaduan konsumen terintegrasi, pemberian penghargaan Pemerintah Daerah Provinsi Terbaik Peduli Konsumen, dan pameran dengan tema ‘Edukasi Konsumen’.

 

Pada kesempatan yang sama setelah menghadiri peluncuran Hakornas 2020 , Menteri Perdagangan Agus Suparmanto bersama Ketua Umum Aprindo, Roy N. Mandey mengunjungi gerai ritel modern Hypermart di Pakuwon Mall, Surabaya. Kunjungan ini untuk melihat langsung serta memastikan HET serta distribusi pangan pokok (beras, gula, minyak goreng kemasan sederhana, daging, cabe & bawang putih), dimana pada pagi harinya mengunjungi Pasar Wonokromo bersama Dirjen Perdagangan Dalam Negeri & jajaran eselon Kemendag.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here