Mendag: 10 Minimarket Pesantren Siap Diresmikan Jokowi Bulan Depan

April 12, 2018

JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengemukakan bahwa saat ini Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) dan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) sudah mulai bergerak membangun toko ritel modern (minimarket) di pondok pesantren yang ada di Indonesia. Sebagai pilot project, rencananya akan ada 10 minimarket di pondok pesantren di Jawa Timur yang akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Mei 2018 mendatang.

Dia mengatakan, peresmian akan dipusatkan di Pasuruan, Jawa Timur. Rencananya, akan ada dua toko ritel modern di dua pondok pesantren yang akan diresmikan pada bulan depan.

"Ada 10 yang akan diresmikan di Mei tapi dipusatkan di Pasuruan, ada dua pesantren di Pasuruan, kemudian secara simbolis di sembilan yang lain kami rencanakan dengan video conference. Setiap gerai kemudian dengan mitranya, baik dari Alfa atau Indogrosir, Hypermart, dan Transmart. Ini tidak berhenti 10, target Hipmi 5.000 pesantren," katanya di Gedung Kemendag, Jakarta, Senin (9/4/2018).

Sementara itu Ketua Umum Aprindo Roy Nicholas Mandey mengungkapkan, pihaknya menyambut baik kerja sama yang dilakukan dengan Hipmi tersebut. Hal ini semata untuk meningkatkan kesejahteraan ummat.

Dijelaskannya, dalam program ini Aprindo akan mendukung dalam tiga hal yaitu sistem, standar operational procedure (SOP) dan pelayanan (service) atau yang disebutnya sebagai 3S. Mengenai dukungan terhadap sistem, kata Roy, nantinya minimarket yang ada di pesantren tersebut akan mengikuti sistem ritel modern yang sudah ada selama ini.

"Karena sistem ritel modern adalah sistem yang sudah baku, bagaimana barang dikirim, dipesan, direturn, diperjualbelikan. Itu sistem yang berkesinambungan, itu nafas atau jantung perdagangan ritel modern. Sistem ini yang akan kita support," terangnya.

Sementara mengenai dukungan SOP, lanjut dia, minimarket tersebut nantinya harus mengikuti SOP yang berlaku di toko ritel modern mulai dari barang diterima hingga pada proses penjualan. Sedangkan mengenai dukungan terhadap pelayanan, pihaknya akan memberikan edukasi terhadap santri agar bisa menjalankan toko ritel modern secara profesional.

"Ini bagian dari vokasi, literasi, dan edukasi yang akan kita lakukan sehingga setiap santri yang akan bantu di ritel modern dapat memiliki standar dan kemampuan yang sama seperti layaknya menjalankan satu ritel modern, sehingga mereka bisa berlaku layak sebagai profesional," pungkasnya.

Sumber:
https://ekbis.sindonews.com/read/1296396/34/mendag-10-minimarket-pesantren-siap-diresmikan-jokowi-bulan-depan-1523268593